Rabu, 17 November 2010

Rokan Hulu

Lebih dari 50% daerah ini berasal dari sektor perkebunan dan pertanian. Pertanian meliputi lahan seluas 302.055,69 Ha, berupa areal ladang dan persawahan. Pada tahun 2006 Kabupaten Rokan Hulu mengalami pertumbuhan ekonomi sekitar 7,2% tanpa Migas dan 6,62% termasuk Migas.
Informasi Umum
Kabupaten Rokan Hulu memiliki wilayah dengan luas 7.229,78 km² yang terdiri dari 85% daratan dan 15% daerah perairan dan rawa. Secara geografis daerah ini berada pada posisi 100º50' - 101º52' BT dan 0º15' - 1º30' LU, berbatas dengan wilayah sebagai berikut:
Utara : Kabupaten Tapanuli Selatan dan Labuhan Batu, Sumatera Utara
Selatan : Kabupaten Kampar
Barat : Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat
Timur : Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir
Kabupaten Rokan Hulu dibagi kedalam 14 daerah kecamatan dengan jumlah penduduk 346.848 jiwa dengan rata-rata kepadatan penduduk 47,98 jiwa/km. Ibu Kota Kabupaten berada di Kota Pasir Pengaraian sekitar 180 km dari Ibu Kota Provinsi "Kota Pakanbaru". Sementara kota penting lainnya adalah Kota Ujung Batu.
Dengan mengusung visi "Mewujudkan Rokan Hulu sebagai Kabupaten Terkemuka di Provinsi Riau tahun 2016 dalam rangka memenuhi Visi Riau 2020", Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu secara berkelanjutan bekerja keras untuk meningkatkan sarana dan prasarana dengan tujuan mempermudah masyarakat dalam meningkatkan taraf ekonomi dan mempermudah para investor untuk menanamkan modal di daerah ini.
Beberapa fasilitas/ infrastruktur yang telah tersedia di Kabupaten Rokan Hulu terdiri dari transportasi darat (Terminal Penumpang dan Jaringan Jalan), sebuah lapangan terbang (dengan landasan terbang sepanjang 1.200 m dan lebar 30 m), Listrik dengan kapasitas terpasang 300 KWH, Telekomunikasi (telepon kabel, telelpon selular dan internet), Air bersih, Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik), dan Perbankan (Bank Nasional dan Daerah).

Visi Dan Misi Kabupaten Rokan Hulu

Rokan Hulu B. M I S I


Untuk mewujudkan Visi Kabupaten Rokan Hulu sebagai Kabupaten Terbaik di Propinsi Riau maka diperlukan Misi yang dirumuskan menjadi 5 (lima) pernyataan yaitu sebagai berikut :


1. Mewujudkan Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah, meliputi :


- Pelayanan Publik - Good Governance - Good Government


2. Mewujudkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat


3. Mewujudkan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusi


4. Mewujudkan Aktualisasi Nilai-Nilai Agama dan Budaya


5. Mewujudkan ketersediaan Infrastruktur meliputi :


- Transportasi - Kesehatan - Pendidikan - Ekonomi - Sosial


Berangkat dari pemikiran tersebut maka Kantor Pelayanan Terpadu Perizinan Kabupaten Rokan Hulu menjabarkan visi kedalam misi untuk tahun 2006–2011 sebagai berikut:


1. Melakukan penataan dan penyempurnaan sistem prosedur perizinan.


2. Meningkatkan kualitas pelayanan perizinan dan non perizinan kepada masyarakat.


3. Meningkatkan partisifasi masyarakat dalam pembangunan melalui pelayanan perizinan dan non perizinan.


4. Meningkatkan citra aparatur pemerintah dengan memberikan pelayanan yang mudah,cepat,aman,transparan,nyaman,ramah dan pasti.


5. Memelihara dan Meningkatkan Profesionalisme dalam pelayanan menuju pelayanan prima.


6. Melaksanakan Survey, Monitoring, dan Evaluasi Perizinan.


A. V I S IVisi merupakan cita-cita yang ingin dicapai atau cara pandang jauh kedepan yang merupakan artikulasi dari citra, nilai, arah, dan tujuan yang akan menjadi pemandu dalam mencapai masa depan organisasi Kantor Pelayanan Terpadu Perizinan Kabupaten Rokan Hulu agar tetap konsisten, eksis, antisipatif, dan inovatif, serta produktif. Dengan demikian, visi di sini adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang berisikan cita-cita yang ingin diwujudkan Kantor PelayananTerpadu Perizinan Kabupaten Rokan Hulu sebagai suatu organisasi, dalam jangka waktu panjang kedepan.


Mengacu pada konsepsi visi di atas dan memahami dengan seksama makna visi Kabupaten Rokan Hulu “Menjadikan Rokan Hulu sebagai Kabupaten yang Terbaik di Propinsi Riau Tahun 2016 Dalam Rangka Menuju Visi Riau 2020”, dimana visi tersebut untuk periode 2006-2011 lebih ditekankan pada terwujudnya visi Propinsi Riau “Terwujudnya Propinsi Riau Sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin di Asia Tenggara Tahun 2020” melalui pendekatan dan kebijakan pembangunan ekonomi yang mengentaskan kemiskinan, kebijakan pembangunan pendidikan yang menjamin kemudahan aksebilitas, dan pengembangan kebudayaan yang menempatkan kebudayaan melayu secara proporsional dalam kerangka pemberdayaan.


Untuk mendukung Visi Kabupaten Rokan Hulu di atas, maka Kantor Pelayanan Terpadu PerizinanKabupaten Rokan Hulu menyatakan visi untuk tahun 2006 – 2011 adalah : ”UNGGUL DALAM KUALITAS, PROFESIONAL DALAM BEKERJA, PRIMA DALAM PELAYANAN”


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar